Perkembangan Peta dari yang Sederhana sampai Canggih seperti Sekarang

Perkembangan Peta dari Masa ke Masa

Peta atau yang sering kita sebut dengan map sering kita temukan pada aplikasi pesan antar. Selain itu, sering juga kita gunakan ketika berkendara. Peta ini dapat mengarahkan kita apakah harus belok, lurus, menginfokan titik daerah yang macet, dan lainnya. Tanpa kita sadari, perkembangan peta di dunia memang sudah secanggih itu, ya!

Dari dulu sampai saat ini, peta sudah berubah banyak karena perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Yuk, kita lihat bagaimana perubahan peta dari masa ke masa!

Peta Zaman Kuno

Di zaman kuno terdapat dua peta, Babilonia dan Ptolemaeus. Diketahui bahwa peta Babilonia adalah peta tertua yang dibuat di Mesopotamia sekitar 2300 SM. Bentuknya sederhana banget, cuma menggambarkan wilayah kecil. Lalu peta Ptolemaeus diciptakan pada abad ke-2. Peta ini mulai mengenalkan konsep garis lintang dan bujur.

Peta Abad Pertengahan

Peta T dan O

Di abad pertengahan terdapat peta T dan O dan Mappa Mundi. Peta T dan O dibuat di Eropa. Peta ini berbentuk lingkaran lalu di dalamnya terdapat bentuk menyerupai huruf “T”. Lalu peta Mappa Mundi sebagai simbolis dan menggambarkan dunia berdasarkan pandangan agama Kristen Eropa.

Peta Zaman Penjelajahan

Peta Portolan digunakan oleh pelaut sebagai navigasi. Peta ini sangat akurat menggambarkan garis pantai dan pelabuhan. Sehingga penjelajah zaman dulu sangat terbantu dengan peta ini.

Peta Portolan

Selanjutnya ada peta Mercator yang ada di abad ke-16. Flandria Gerardus Mercator membuat proyeksi peta yang dapat digunakan untuk peta navigasi pelayaran. Tapi proyeksi peta ini memiliki kelemahan, yaitu adanya penyimpangkan luas daerah yang jauh dari khatulistiwa.

Peta Modern Awal

Pada masa modern awal terdapat peta Ortelius. Ini adalah atlas modern pertama di dunia yang diterbitkan oleh kartografer Belgia, Abraham Ortelius, pada tahun 1570. Atlas ini dianggap sebagai salah satu pencapaian besar dalam sejarah kartografi karena mengumpulkan berbagai peta dari kartografer terkenal pada masa itu dan menyusunnya dalam satu buku yang terorganisir.

Setelah itu muncullah peta Blaeu. Peta ini adalah peta-peta yang diproduksi oleh keluarga Blaeu, terutama oleh Willem Janszoon Blaeu dan putranya Joan Blaeu, pada abad ke-17. Keluarga Blaeu terkenal karena karya kartografi mereka yang sangat akurat dan artistik, serta kontribusi mereka dalam pembuatan atlas.

Peta Abad ke-18 dan ke-19

Perkembangan peta semakin detail, di zaman ini sudah ada survei topografi. Peta ini mulai menunjukkan fitur-fitur fisik permukaan bumi. Peta ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan konstruksi, navigasi, penelitian lingkungan, dan rekreasi outdoor.

Lalu muncullah peta Napoleonic. Ini adalah peta-peta yang digunakan selama periode Napoleonic Wars (1803-1815), ketika Napoleon Bonaparte memimpin Prancis dan berusaha memperluas kekuasaannya di seluruh Eropa. Peta ini memiliki peran penting dalam strategi militer dan logistik selama kampanye militer Napoleon.

Peta Abad ke-20

Pada abad ini, peta berkembang dan mulai menunjukkan data spesifik seperti populasi, cuaca, dan geologi. Peta ini dinamakan peta Tematik. Lalu untuk mengurangi distorsi pada peta datar maka dibuatlah sistem proyeksi baru.

Peta Digital dan GIS

Geographic Information System (GIS) atau dalam Bahasa Indonesia kita sebut dengan Sistem Informasi Geografis adalah sebuah teknologi yang memungkinkan peta digital dapat dianalisis dengan komputer. Ditambah dengan adanya peta satelit, membuat peta menjadi semakin akurat dan real-time.

Peta Abad ke-21

Di abad 21, sudah ada peta Online dan aplikasi navigasi. Misalnya seperti Google Maps dan aplikasi GPS lainnya yang membantu kita supaya tidak kesasar saat mencari jalan.

Semakin canggih lagi saat muncul pemetaan 3D dan Virtual Reality. Teknologi ini membuat kita bisa melihat peta dalam bentuk 3D dan pengalaman virtual yang lebih nyata.

Nah, itulah perkembangan peta dari masa ke masa. Dari yang sederhana sampai yang super canggih kayak sekarang! Kira-kira di masa depan perkembangan peta akan menjadi seperti apa, ya?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?