Panduan Pola Makan Sehat

Panduan Pola Makan Sehat – Setiap orang  pasti menginginkan tubuh yang sehat tanpa penyakit, namun karena faktor-faktor tertentu, tubuh menjadi sangat rentan terkena masalah kesehatan atau penyakit. Salah satu faktor penyebab tubuh menjadi rentan terkena masalah kesehatan adalah pola makan yang buruk. Faktor pola makan ini bahkan bisa menyebabkan masalah-masalah kesehatan yang sangat fatal seperti kanker atau stroke.

Coba bayangkan, hanya karna salah makan lalu sakit perut dan tidak bisa pergi ke sekolah ? Rugi banget kan ? Nah daripada kamu terus-terusan bertanya, pola makan seperti apa sih yang paling tepat, lebih baik ikuti panduan pola makan sehat berikut ini.

Panduan Pola Makan Sehat

Ingat-ingat ini ya, pola makan sehat bukan berarti kamu harus menjauhi makanan-makanan favoritmu, melainkan kamu harus cermat dalam mengatur pola makan dan harus tetap terpacu untuk bisa sehat seutuhnya. Kamu pasti sudah sering melihat tulisan-tulisan mengenai pola makan sehat, namun masalahnya, kita tidak pernah mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah panduan pola makan sehat, yang dapat kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  • Masakan Buatan Sendiri

mengajari anak memasak
Salah satu cara terbaik dalam mengatur pola nutrisi adalah dengan membuat masakan sendiri alias homemade food. Iya betul sekali, salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan adalah mengkonsumsi makanan yang kita tidak tahu kandungan nutrisinya. Banyak orang lebih memilih makan malam di luar daripada di rumah, atau sering membeli fast food karena dirasa lebih praktis. Padahal dengan membuat masakan sendiri di rumah, kamu dapat mengatur pola nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

 

  • Perubahan yang Tepat

food swap
Dalam setiap panduan pola makan sehat, pasti direkomendasikan agar mengganti makanan yang tak sehat dengan yang sehat. Seperti misalnya kamu sangat menyukai ayam goreng, namun karena kurang baik untuk kesehatan, kamu bisa menggantinya dengan ayam panggang. Atau, kamu sangat menyukai hamburger, namun karena terlalu banyak kandungan kolesterolnya, kamu bisa menggantinya dengan sandwich salmon. Jadi intinya, kamu tetap bisa menikmati makanan yang enak tanpa perlu khawatir akan efek sampingnya.

 

  • Hindari Makanan Kalengan

hindari makanan kalengan
Cara lainnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan menghindari makanan kalengan. Kandungan nutrisi pada makanan kalengan sudah separuhnya hilang, selain itu biasanya makanan kalengan menggunakan bahan kimia, termasuk pengawet. Jadi dengan menghindari makanan kalengan, kamu sudah menginvestasikan banyak hal untuk kesehatan jangka panjang.

 

  • Baca Label

check label | membaca tanggal expired makanan
Jika kamu terlanjur sering menggunakan atau membutuhkan makanan kemasan, ada baiknya kamu mengecek label yang ada di belakang kemasan. Kamu harus teliti, apakah terdapat gula dalam jumlah banyak atau lemak jahat yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

 

  • Banyak Minum Air

air putih membantu tubuh tetap sehat
Setiap ahli nutrisi pasti merekomendasikan untuk minum banyak air mineral, termasuk dalam panduan pola makan sehat ini, kami sangat merekomendasikan kamu untuk mengkonsumsi banyak air mineral, minimal 8 gelas sehari. Konsumsi air dalam jumlah banyak dapat menghilangkan sisa-sisa kotoran pada tubuh, selain itu juga dapat membantu pencernaan membuang racun-racun yang berbahaya.

 

  • Porsi Kecil

cara mengurangi porsi makan
Agar tubuh mampu menyerap kandungan nutrisi lebih baik lagi, ada baiknya kamu mengganti porsi besar dengan porsi kecil. Jadi kalau biasanya setiap makan kamu menghabiskan 2 piring makanan, sekarang kurangi menjadi 1 piring makanan.

 

  • Jadikan Lifestyle

Belajar Sehat | Lifestyle sehat
Jadikan pola makan sehat sebagai gaya hidupmu bersama keluarga. Jadi usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat bareng-bareng bersama anggota keluarga lain, atau bersama teman.

 

Nah itulah beberapa panduan pola makan sehat yang bisa kamu realisasikan dalam hidupmu, semoga bermanfaat.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?