Menghirup Dua Jenis Gas ini Bisa Mengubah Suara Kita

Pernahkah kamu melihat orang yang menghirup gas dari sebuah balon dan tidak berapa lama kemudian suara yang menghirup berubah seperti suara lucu seperti di film-film kartun. Ini terjadi karena apa, ya?

Mengubah Suara Seperti Karakter Kartun

Ternyata karena balon tersebut diisi gas helium. Apa itu? Helium adalah gas yang ringan, tidak beracun, dan tidak mudah terbakar. Gas ini 7 kali lebih ringan daripada udara. Ini juga yang menjadi alasan kenapa balon yang diisi helium akan melayang, berbeda dengan balon yang kita tiup sendiri.

Lalu kenapa helium bisa mengubah suara kita Ketika dihirup? Ketika dihirup, gas helium ini mengubah kecepatan getaran pita suara kita. Getaran yang lebih cepat ini yang kemudian menghasilkan suara yang lebih tinggi dan nyaring seperti suara karakter kartun.

Efek perubahan suara ini hanya berlangsung sementara. Ini karena helium akan keluar dari tubuh kita melalui pernapasan. Namun, menghirup helium dalam jumlah besar dapat menyebabkan bahaya. Jadi, kita perlu hati-hati juga saat ingin menghirup helium.

Suara Berubah Menjadi Lebih Rendah

Selain helium, ternyata ada gas lain yang juga bisa mengubah suara kita Ketika dihirup, lho. Gas apa itu? Namanya adalah Sulfur heksafluorida atau SF6.

SF6 ini adalah gas yang tidak beracun, tidak berwarna, dan tidak mudah terbakar. Gas ini 6 kali lebih padat daripada udara. SF6 biasa digunakan untuk insulator listrik, bahan pemadan api, dan agen ultrasonik.

Ketika kita menghirup SF6, gas ini mengubah kecepatan getaran pita suara kita. Berbeda dari helium, getaran yang dihasilkan berubah menjadi lambat dan menghasilkan efek suara yang lebih rendah dan lebih dalam.

Ya, efek ini juga hanya berlangsung sementara karena gasnya dapat keluar dari tubuh kita melalui pernapasan.

Mendengar efek suara yang berubah karena menghirup helium dan SF6 memang menarik dan lucu. Namun, perlu diingat ya, selalu berhati-hati jika ingin mencobanya, jangan kebanyakan karena bisa membahayakan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, gas-gas apa saja yang bisa mengubah suara kita. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Kalau iya, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?