Memanfaatkan Gadget untuk Persiapan Ujian Tengah Semester SMA

Ujian Tengah Semester (UTS) hampir tiba, bagaimana caranya supaya bisa dapat nilai yang memuaskan? Aha! Manfaatkan gadgetmu untuk persiapannya, belajar pun bisa jadi lebih praktis dan mudah.

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan remaja SMA zaman now memang sulit dipisahkan dari yang namanya gadget. Sebab, hanya dengan satu benda ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Apakah itu bermedia sosial, chatting, foto-foto, main game, karaokean, menonton, mendengarkan musik, dan banyak hal lainnya. Sungguh sebuah benda yang super, bukan?

Namun, sayangnya, gadget selalu dinilai negatif karena sering memberi dampak buruk bagi siswa. Ya, semua kembali ke- bagaimana cara kita, sebagai pengguna gadget, agar bisa memanfaatkan kemampuan benda hebat ini untuk hal yang lebih positif. Misalnya, memanfaatkan gadget untuk persiapan UTS.

Memangnya gadget bisa dipakai untuk belajar? Bukannya hanya untuk hiburan saja, ya?

Ya, tentu bisa dong! Tapi… caranya bagaimana? Simak tipsnya di bawah ini:

1. Membuat To do List, Jadwal, dan Alarm Belajar

Mempelajari banyak materi sekaligus sehari sebelum ujian bisa membuat kepala panas. Selain itu, pelajaran pun tidak terserap dengan baik di ingatan. Untuk itu, sebelum waktunya tiba, penting lho mengatur jadwal belajarmu di rumah. Nah, manfaatkan fitur dan aplikasi ‘to do list’, ‘pencatat jadwal’, atau ‘pengingat’ untuk mendukung kegiatan belajarmu.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur materi apa saja yang bisa kamu ulang setiap harinya. Begitu juga fitur alarm, akan membantu mengingatkan kamu saat waktu belajar tiba.

Jika sudah terbiasa memanfaatkan fitur atau aplikasi ini di gadget, maka kegiatan belajar kamu bisa jadi lebih teratur.

2. Memanfaatkan Website Belajar Digital

Kita juga bisa mengulang pelajaran yang akan diujiankan lewat website media belajar digital, misalnya seperti primaindisoft.com. Berbagai materi yang sesuai kurikulum sekolah bisa kita dapatkan di sana.

Ya, belajar lewat gadget asyiknya sih bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi, memudahkan kamu saat ingin belajar tapi  lupa membawa buku catatan atau buku pelajaran sekolah.

3. Ikut Grup Diskusi Belajar

Media sosial atau pun aplikasi chat biasanya kita gunakan hanya untuk sekadar bersosialisasi atau mengobrol hal yang ringan-ringan saja. Namun, jika kita mau, aplikasi-aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk belajar dan persiapan UTS, lho.

Yap, misalnya saja di aplikasi Facebook atau Telegram, kamu bisa bergabung ke grup belajar khusus tingkat SMA. Di sana bisa ‘bertemu’ dengan teman-teman dari sekolah lain, serta membahas berbagai pelajaran sekolah, apakah itu cara mudah menghafal, bersama-sama membahas topik yang sulit untuk dimengerti, atau membahas materi UTS, UAS, dan sebagainya.

Selain menambah ilmu, bisa menambah teman juga.

4. Memanfaatkan Fitur Perekam Suara

Fitur perekam suara ini hampir ada di setiap gadget. Jadi, kamu bisa langsung memanfaatkannya untuk belajar.

Jika sekolahmu mengizinkan kamu untuk membawa gadget ke dalam kelas, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk merekam semua penjelasan guru. Sehingga, selain catatan, kamu punya back up-an lainnya berupa rekaman suara, yang bisa kamu dengar ulang saat belajar di rumah. Tapi sebelum merekam, jangan lupa minta izin guru terkait penggunaan gadget di dalam kelas, ya.

Selain itu, bagi kamu yang senang dengan gaya belajar auditori, kamu bisa membaca materi pelajaran yang ingin kamu ulang sambil bersuara, lalu rekam deh dengan fitur ini. Sebelum tidur, kamu bisa mendengar ulang suara kamu lewat rekaman tadi.

5. Mengerjakan Latihan Soal Online

Satu hal lain yang bisa kita lakukan dengan gadget untuk persiapan UTS adalah mengerjakan latihan soal  secara online. Yap, perlu sekali untuk menguji kemampuan belajar kita sebelum akhirnya mengerjakan ujian yang sebenarnya.

Kamu bisa mengakses berbagai latihan soal di primaindisoft.com. Anggaplah kamu benar-benar sedang ujian saat mengerjakan soal-soalnya. Dan lihat hasilnya, apakah sudah cukup memuaskan atau tidak. Kalau belum, artinya kamu harus belajar lagi dan mengulangnya sampai benar-benar paham dan siap.

Nah, itulah beberapa tips memanfaatkan gadget untuk menghadapi UTS. Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mencobanya? Selamat belajar!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?