Mari Membuat Photo Collage dengan Mudah di App Photo Editor Smartphone Keren Ini

 

Suka membuat kolase foto? Ayo, ikuti mini tutorial untuk membuat photo collage dengan mudah dan indah melalui app Canva di Android.

Berhubung kamera smartphone kini semakin mampu menampilkan prestasi fotografi yang fenomenal, kamu pasti akan selalu mencari cara untuk menyajikan hasil jepretanmu dengan penuh gaya. Kolase foto (photo collage) adalah cara yang atraktif untuk memamerkan dan berbagi koleksi foto terbaikmu, Jadi, tidak heran bila aplikasi photo editor adalah salah satu alat kreatif yang sangat populer saat ini.

Perkenalkan: Canva, Pembuat Photo Collage Andalan

Canva adalah paket desain serba bisa yang dapat kamu gunakan di browser atau aplikasi (awalnya hanya untuk perangkat berbasis iOS, sekarang tersedia pula di ponsel Android). Paket dasarnya gratis, tetapi tersedia juga paket berbayar jika kamu menginginkan fitur yang lebih canggih.

Di antara fitur-fitur Canva, terdapat banyak pilihan template kolase yang terlihat menarik dan mudah digunakan. Kamu juga dapat “membumbui” kolase foto kamu dengan banyak pilihan efek, filter, font, dan masih banyak lagi. Keren, kan?

Lalu, bagaimana caranya membuat photo collage dengan mudah dan indah melalui app Canva? Ikuti mini tutorial berikut.

  1. Buka aplikasi Canva dan pilih jenis desain “Photo Collage”.
  2. Pilih satu dari ratusan tata letak (layout) yang telah dirancang secara profesional.
  3. Unggah beberapa foto dari album/gallery ponsel pintarmu, atau pilih dari pustaka stok gambar aplikasi Canva (ada lebih dari 1 juta foto, grafik, dan ilustrasi yang keren, lho!).
  4. Perbaiki gambarmu, tambahkan filter yang memukau, dan edit teksnya.
  5. Sunting font—tersedia lebih dari 130 font/jenis huruf yang menarik.
  6. Ubah warna—ubah warna kotak teks dan teks untuk menambah ketajaman.
  7. Simpan dan bagikan ke akun media sosial milikmu.

Pengeditan Foto Profesional oleh Canva

Ternyata, membuat photo collage dengan mudah saja tidak cukup. Jadikan gambar kamu terlihat lebih memukau bagai hasil karya para fotografer profesional dengan mengedit gambar langsung dari sel kolase fotomu. Editlah gambar berdasarkan eksposur, ketajaman, saturasi, kecerahan, dan lainnya, atau tambahkan efek menakjubkan dengan berbagai filter foto.

Kamu juga dapat mengubah ukuran gambar dengan mengeklik ganda pada gambar.

Publikasikan Hasilnya untuk Cetak atau Web

Setelah puas membuat photo collage dengan mudah lewat Canva, klik “Link and Publish” di kanan atas layar ponsel untuk mengubah gambar ke bentuk file PNG atau PDF. Jika kamu ingin mencetak photo collage-mu, simpanlah sebagai PDF. Bila kamu ingin berbagi desainmu di media sosial atau situs web, file PNG adalah pilihan tepat.

Selamat mencoba, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?