Informasi Lengkap Pendaftaran SBMPTN 2017

Pendaftaran SBMPTN 2017

Informasi Lengkap SNMPTN

Informasi lengkap tentang pendaftaran SBMPTN 2017 memang selalu ditunggu-tunggu banyak orang, terutama bagi mereka yang memang sudah mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi negeri sejak dini. Dari tahun ke tahun, peminat SBMPTN ini semakin meningkat dengan tajam, hal ini mengindikasikan tingginya minat masuk ke perguruan tinggi negeri.  Bagi Anda yang sedang membutuhkan info terbaru pendaftaran SMPTN maka Anda bisa mendapatkannya dalam artikel khusus ini.

Persaingan di dunia pendidikan memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain SBMPTN, terdapat dua kategori seleksi penerimaan masuk PTN lainnya yaitu SNMPTN dan Ujian Mandiri. SBMPTN merupakan salah satu kategori seleksi masukn PTN yang menggunakan ujian tertulis dan ketrampilan. Jadi jika seseorang tidak masuk jalur SNMPTN, maka solusi lainnya adalah mengikuti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Seperti kita tahu, jika seorang siswa bagus dari sisi akademik, maka ia bisa mengikuti SNMPTN, namun jika nilai akademik tidak terlalu memuaskan, maka ia bisa mengikuti SBMPTN. Berbeda dengan jalur SNMPTN, setiap pendaftar SBMPTN harus membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000, dan hasil ujian mutlak ditentukan oleh pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Banyak orang sangat membutuhkan informasi lengkap pendaftaran SBMPTN, karena ingin mengetahui apakah ada peraturan baru yang berlaku. Bagi Anda yang ingin mendaftar SBMPTN 2017, maka langkahnya sama seperti tahun 2016, dan Anda bisa mengikuti langkah demi langkah pendaftaran melalui situs resmi SBMPTN. Nah apakah ada detail tembahan mengenai pendaftaran SBMPTN ini? Sebelum Anda memasukan data untuk proses pendaftaran, ada baiknya Anda membaca beberapa ketentuan pendaftaran, sehingga Anda terbebas dari masalah yang bisa saja datang setelah Anda mendaftar. Salah satunya adalah peserta Bidikmisi yang tidak lolos SNMPTN, maka peserta dapat mengikuti SBMPTN tanpa dipungut biaya apapun.  Bagi Anda yang ingin mengetahui step by step pendaftaran SBMPTN 2017, berikut kami berikan panduannya:

  • Pendaftaran dilakukan via online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat didownload dari situs http://download.sbmptn.ac.id. mulai tanggal 18 April 2017.
  • Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2017 pukul 22.00 WIB.

Sedangkan untuk persyaratan SBMPTN :

  • Siswa lulusan tahun 2015 dan 2016, dan harus memiliki ijazah.
  • Siswa lulusan tahun 2017 dan telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Penerimaan :

  • Lulus pendidikan menengah.
  • Lulus SBMPTN 2017, sehat.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Nah untuk jadwal SBMPTN 2017, Anda bisa melihatnya dibawah ini:

  • Jadwal Ujian Tertulis

Ujian tertulis dilaksanakan secara serentak pada tanggal 31 Mei 2017

  • Jadwal Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan akan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2017.

Nah itulah informasi lengkap pendaftaran SBMPTN 2017, untuk lebih jelasnya  mengenai step by step dalam melakukan pendaftaran, kalian bisa langsung mengunjungi situs resmi SBMTPN di www.sbmptn.ac.id. Jika ada informasi tambahan, akan ditambahkan ke dalam artikel ini segera.

Semoga setelah membaca informasi ini, kalian semakin mudah dalam melakukan pendaftaran SBMPTN 2017.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?