Heboh! Ada Matahari Kembar 4 di Kepulauan Riau

 

Youtube/screenshot video matahari kembar 4 di Kepulauan Riau 2018

Baru-baru ini, terjadi fenomena alam matahari kembar 4 yang membuat heboh warga di Kepulauan Riau. Belum diketahui persis kapan pengambilan video matahari kembar 4 yang viral di media sosial ini. Namun, dapat dipastikan bahwa fenomena alam yang langka ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

Erma Yulihastin,  peneliti sains atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan fenomena matahari kembar 4 ini seperti dikutip dari newsdetik. Erma mengatakan fenomena matahari sebagaimana tergambar dalam video yang viral itu dinamakan “sun dog”. Sun dog merupakan fenomena ketika matahari terlihat lebih dari satu. Apakah itu berarti ada lebih dari satu matahari?

youtube/Herwin Hermnsayah

Menurut Erma, bukan jumlah matahari yang bertambah, melainkan hanya pantulan sinar matahari. Matahari seolah bertambah karena sinar matahari yang menembus awan sirus, awan yang mengandung kristal es.

“Syarat pertama, pembentukan di musim kemarau ketika uap air sangat minim, kering, dan dingin. Kedua, harus ada awannya, awan sirus yang mengandung kristal es sehingga dia yang nantinya berfungsi sebagai refractor sinar matahari sehingga (matahari) bisa tampak menggandakan diri seperti itu,” kata Erma.

Fenomena sun dog yang terjadi di Kepulauan Riau ini terekam jelas dalam video yang diabadikan warga. Dalam video tersebut, jelas terlihat bahwa matahari tampak banyak.

“Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis seperti matahari juga, bisa seperti pancaran cahaya yang membaur, bisa juga nggak terlalu jelas mataharinya. Tapi yang beredar kan yang jelas banget, ya, itu mungkin karena posisi matahari itu rendah. Jadi memungkinkan untuk menggandakan diri, terlihat seperti itu,” papar Erma.

Erma mengatakan fenomena sun dog lebih sering terjadi di luar negeri karena awannya lebih dingin.

Facebook/Erma Yulihastin

Erma juga menuliskan penjelasan tentang Fenomena Empat Matahari Kembar ini di laman Facebook-nya.

#1 Video munculnya 4 matahari kembar di wilayah Kepulauan Riau kemarin, 10 Oktober 2018, pada pagi hari sehingga membuat heboh orang-orang di pasar tersebut merupakan fenomena yang disebut dengan PARHELIA atau SUN DOGS.
#2 SUN DOGS terjadi ketika sinar matahari mengalami refraksi oleh kristal-kristal es yang ada di dalam awan cirrus.
#3 Awan cirrus adalah jenis awan yang tinggi, tipis, dingin karena mengandung kristal es. Bisa diperhatikan bagaimana awan cirrus ini memanjang dalam video tersebut.
#4 Jika posisi matahari rendah, maka kembaran matahari ini akan muncul secara jelas (seperti tampak dalam video tersebut).
#5 Jadi SUN DOGS dapat terjadi karena atmosfer bumi juga dapat berfungsi sebagai optis bagi matahari.

Nah, jadi sekarang kalian sudah tahu kan mengapa bisa terjadi atau muncul fenomena matahari kembar. Buat kalian yang ingin mempelajari lebih jauh tentang matahari dan kedudukannya, atau bagaimana proses revolusi bumi terhadap matahari serta akibat buruk panas dan cahaya matahari, kalian bisa melihat penjelasannya di Primaindisoft. Ada juga materi belajar tentang matahari dan bintang dan kegunaan cahaya matahari.

Selamat belajar!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?