Dengan Tutorial Ini, Kamu Bisa Mempercantik Tampilan Dokumen Word

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang paling populer. Kamu pun pasti sudah tidak asing lagi dengan program ini. Sebagai program andalan Microsoft Office Suite, program ini pasti sering digunakan untuk membuat tugas laporan atau teks lainnya.

Program besutan perusahaan milik Bill Gates ini pun bahkan tersedia untuk sistem operasi lain, seperti Mac OS. Tampilan antarmukanya yang intuitif dan ramah pengguna, serta pilihan fitur yang mumpuni menjadikan Microsoft Word ini salah satu program penyunting teks terbaik.

Saat membuat tugas, kamu mungkin merasa bahwa tampilan dokumenmu kurang rapi atau tertata. Selain itu, terlepas dari tampilan antarmukanya, terdapat beberapa pengaturan khusus yang mungkin belum kamu pahami untuk menyesuaikan tampilan dokumen sesuai keinginan. Untungnya, beragam tutorial Word dari Primaindisoft siap membantu mempercantik tampilan dokumenmu.

credit – Lifehack

Page Layout

Salah satu tutorial yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah tutorial Page Layout pada Word. Pengaturan ini berkaitan dengan tata letak teks dan objek pada halaman dokumen. Jika kamu pernah mendengar istilah margin, kamu bisa menyesuaikannya dengan pengaturan ini.

Page Layout memungkinkanmu untuk mengukur tepi halaman agar teks tidak terpotong saat kamu mencetak dokumen. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan orientasi halaman, baik tegak (portrait) maupun mendatar (landscape) sesuai kebutuhan.

Penjarakan Baris dan Paragraf

Apakah teks yang kamu buat tampak terlalu rapat dan sulit dibaca? Untuk meningkatkan keterbacaan teks, kamu bisa mengatur penjarakan pada baris dan paragraf. Elemen dokumen Word ini sering kali terabaikan, tetapi sebenarnya jika disesuaikan dengan baik, tampilan dokumenmu akan jauh lebih rapi.

Dengan tutorial Word Line & Paragraph Spacing, kamu bisa mempelajari cara menetapkan jarak antar karakter atau kata agar tidak terlalu rapat atau renggang. Selain itu, penjarakan juga bisa kamu tetapkan pada paragraf agar setiap alinea tampak lebih rapi dan nyaman dibaca.

Format Gambar

Ketika mengerjakan tugas, gambar yang kamu sisipkan dapat menjadi pelengkap teks yang menarik. Sayangnya, terkadang gambar yang kamu masukkan justru membuat dokumen tampak lebih kacau tanpa format yang tepat. Selain itu, mungkin kamu merasa kesal ketika gambar yang disisipkan justru mengubah susunan paragraf yang sudah kamu atur.

Untuk menyiasatinya, cobalah gunakan fitur Format Picture. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan beragam modifikasi, dari mulai mengubah ukuran (resizing), memotong gambar (cropping), menampilkannya di depan atau belakang teks atau objek lain, memberikan bingkai, hingga mengubah filter warna. Menarik, bukan?

Tema

Ternyata, bukan hanya presentasi PowerPoint saja yang bisa kamu percantik dengan tema atau desain. Microsoft Word juga memiliki beragam pilihan tema yang bisa kamu terapkan pada dokumen. Dengan tema, kamu bisa menambahkan border, menetapkan warna teks, bahkan menyesuaikan jenis font!

Itulah ulasan mengenai beberapa tutorial Word dari Primaindisoft yang akan membantumu meningkatkan tampilan dokumen. Dengan susunan yang rapi dan format objek yang tepat, dokumenmu akan jauh lebih menarik dan nyaman dibaca.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?