Buat Perayaan Hari Kemerdekaan Makin Bermakna dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Mari meriahkan peringatan 17 Agustus dengan mengikuti beberapa kegiatan menarik yang dapat mengenalkan anak pada nilai-nilai perjuangan.

 

Peringatan 17 Agustus identik dengan berbagai lomba dan pagelaran seni. Masyarakat Indonesia dari anak-anak hingga dewasa tak pernah ketinggalan untuk memeriahkan momen sakral bagi bangsa Indonesia ini.

Kegiatan hari kemerdekaan tak selalu harus digelar secara gegap-gempita. Anda pun dapat membuat kegiatan yang lebih bermakna, terutama untuk anak-anak, agar mereka dapat turut menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan kemerdekaan.

Nah, kira-kira apa saja sih kegiatan hari kemerdekaan yang seru dan bermakna? Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini :

 

1. Nonton bareng film bertema kemerdekaan

Gambaran perjuangan kemerdekaan akan terasa sangat emosional dalam film. Anda dapat menggelar acara nonton bareng film Indonesia bertema kemerdekaan, seperti Merah Putih, Soekarno, atau film animasi Battle of Surabaya. Ajak anak-anak menghayati setiap momen ikonik bersejarah yang ditampilkan dalam film. Karena mungkin ada banyak adegan kekerasan dalam film, jangan lupa dampingi anak saat menonton, ya.

 

2. Berkunjung ke museum

Tidak ada kegiatan yang lebih bermakna dalam mengenang masa perjuangan kemerdekaan selain berkunjung ke museum. Di Jakarta, museum sejarah banyak bertebaran di seantero kota. Ada Gedung Joeang ’45, Museum Fatahillah, hingga Tugu Proklamasi. Setiap koleksi yang disimpan dalam museum memiliki nilai historis yang akan membuat Anda seakan-akan menyaksikan sendiri perjuangan para pahlawan.

 

3. Bakti sosial

Wujudkan semangat kebangsaan dengan berbagi pada sesama. Berkunjung ke panti jompo atau panti asuhan bisa jadi cara yang tepat untuk menunjukkan rasa kasih kita pada sesama. Siapa tahu, di panti jompo Anda dapat bertemu saksi hidup perjuangan kemerdekaan dulu.

 

4. Mengikuti karnaval budaya

Perayaan 17 Agustus belum lengkap tanpa karnaval budaya. Ajak anak-anak di keluarga Anda untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain dapat merayakan hari kemerdekaan dengan meriah, kegiatan ini juga dapat memperkaya wawasan seputar warisan budaya bangsa.

 

5. Bermain Game Memori Pahlawan Kemerdekaan

Uji kemampuan anak dalam mengenal pahlawan kemerdekaan dengan bermain Game Memori Pahlawan Kemerdekaan dari Primaindisoft. Anak-anak akan ditantang untuk mencocokkan nama tokoh dengan peran pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan. Makin tinggi level, makin seru pula tantangannya.

Bagaimana, kegiatan di atas tidak kalah seru dengan lomba 17-an lainnya, bukan? Ajak seluruh anggota keluarga dan orang-orang terdekat Anda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?