Kenapa Semut Muncul Meski Tak Ada Makanan Manis?

Semut mencari makan

Mungkin kita sudah tidak asing dengan kalimat “Ada gula ada semut”, bukan? Karena memang biasanya semut suka muncul di tempat yang ada gula atau manis. Namun, pernahkah kamu melihat barisan semut di sekitarmu padahal di sana sedang tidak ada makanan manis tersisa? Kira-kira semut itu sedang apa di sana, ya? Nah, di bawah ini ada beberapa alasan kenapa semut muncul meskipun tidak ada makanan manis.

Mencari Air

Alasan pertama adalah mungkin saja semut sedang mencari sumber air, terutama jika lingkungannya kering. Mereka biasanya suka dengan kelembapan yang ada di dapur, kamar mandi, atau area yang lembab lainnya.

Mencari Sumber Protein atau Lemak

Ternyata tidak semua jenis semut tertarik pada gula, lho. Ada spesies semut yang lebih suka dengan makanan berprotein atau berlemak, seperti remah-remah makanan, minyak, atau bahkan serangga mati. Jadi bisa saja semut yang kamu lihat itu adalah spesies ini.

Penjelajahan dan Eksplorasi

Sejatinya, semut merupakan hewan penjelajah. Mereka sering mengirimkan semut pekerja untuk menjelajahi area baru dan mencari sumber makanan potensial. Meskipun di tempat itu tidak terlihat ada makanan, mereka mungkin sedang mempersiapkan tempat untuk keperluan di masa depan.

Sisa Makanan Tak Terlihat

Terkadang, ada sisa makanan yang sangat kecil atau tidak terlihat oleh kita seperti remah-remah atau partikel makanan. Nah, ini juga bisa menarik semut untuk datang. Mereka memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan dapat mendeteksi partikel makanan yang sangat kecil.

Bau atau Aroma

Beberapa produk rumah tangga atau bahkan sampah bisa mengeluarkan aroma yang menarik bagi semut. Meskipun produk tgersebut tidak berhubungan dengan makanan manis. Contohnya, minyak goreng bekas, sabun dengan aroma tertentu, atau cairan lainnya.

Jadi, meskipun semut sering dikaitkan dengan makanan manis, kenyataannya kebutuhan semut jauh lebih kompleks. Mereka tidak hanya mencari gula, tetapi juga air, protein, lemak, atau bahkan sekadar menjelajahi lingkungan sekitar. Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa semut ada di sekitarmu meskipun di sana sedang tidak ada makanan manis!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?