5 Fakta Unik Seputar Pluto, Si Planet Kerdil

Tahukah kamu? Sejak ditemukan pada tahun 1930, Pluto sempat menjadi planet ke 9 di tata surya. Di balik bentuknya yang mungil, Pluto memiliki banyak fakta menarik dan unik, lho! Ini membuatnya menjadi salah satu objek yang paling menarik untuk dipelajari di alam semesta ini. Apa saja fakta seputar Pluto? Yuk, kita cari tahu!

Dulu adalah Planet Ke-9

Pluto menjadi planet ke-9 di tata surya. Namun, pada tahun 2006, statusnya berubah menjadi planet kerdil karena ukurannya yang kecil dan orbitnya yang berbeda dari planet lainnya.

Orbit yang Unik

Orbit Pluto berbentuk elips atau lonjong, bukan lingkaran sempurna. Ini berarti jaraknya dari Matahari berubah-ubah. Pada titik terdekatnya (disebut perihelion), Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus, sementara pada titik terjauhnya (disebut aphelion), Pluto berada sangat jauh dari Matahari.

Memiliki Lima Bulan

Pluto memiliki lima bulan, yaitu Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx. Dari kelima bulan tersebut, yang paling besar adalah Charon. Diameter Charon adalah sekitar setengah dari diameternya Pluto. Karena ukurannya yang hampir sama, Charon dan Pluto sering disebut sebagai sistem planet kerdil ganda.

Sumber: M. Showalter/NASA, SETI Institute

Tempat Paling Dingin

Suhu di permukaan Pluto bisa mencapai sekitar -229 derajat Celsius. Ini menjadikan Pluto sebagai salah satu tempat paling dingin di tata surya.

Hari yang Panjang

Dibandingkandengan Bumi. satu hari di Pluto sangat Panjang, lho. Satu kali rotasi Pluto memakan waktu sekitar 153 jam, yang berarti satu hari di Pluto setara dengan lebih dari enam hari di Bumi.

Nah, itulah beberapa fakta unik seputar Pluto si Planet Kerdil. Manakah fakta yang menurutmu paling menarik? Tulis di kolom komentar, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?