7 Alasan Mengapa Kita Harus Mengerjakan PR

doing homework
PR atau pekerjaan rumah adalah sebuah tugas berupa soal-soal yang diberikan seorang guru kepada muridnya untuk dikerjakan di rumah.

Tujuan awal dari pemberian PR adalah karena ada sebagian siswa yang tidak memiliki motivasi untuk belajar di rumah sehingga diharapkan PR menjadi salah satu alasan siswa untuk mau belajar di rumah.

Bagaimana sejarah terciptanya beban kesenangan bernama PR itu ?

PR pertama kali diperkenalkan oleh Roberto Nevilis. Roberto pertama kali menciptakan PR untuk siswanya di Venice, Italia pada tahun 1095. Sebagai seorang guru, Robert ingin murid-muridnya mengerjakan tugas yang dapat dikerjakan di rumah sehingga orang tua memiliki panduan apa yang harus diajari kepada anaknya di rumah. Awalnya PR diberikan kepada murid-murid yang nakal sebagai hukuman, namun melihat manfaat PR yang begitu besar maka diberikan pula kepada semua siswanya. Fenomena pekerjaan rumah ini pun menyebar ke seluruh Eropa dan bahkan sampai ke Amerika juga Indonesia.

Lalu mengapa kita masih bertanya mengapa perlu mengerjakan PR ?

Well,
Di Indonesia sendiri banyak yang bertanya mengapa kita perlu diberikan tugas tersebut dan harus mengerjakannya.
Alasan mereka menolak adanya PR adalah :

– Finlandia sebagai negara dengan pendidikan sangat maju tidak memberikan PR kepada siswanya
– PR tujuannya agar seorang siswa tetap belajar meski di luar sekolah, tapi bukankah banyak siswa yang mengambil les/kursus sepulang sekolah ? Jadi untuk apalagi guna pekerjaan rumah ?

Apapun alasan mereka yang anti kepada yang namanya PR, namun kenyataannya banyak keuntungan dari mengerjakan PR. Keuntungan-keuntungan (manfaat) inilah yang menjadi alasan mengapa kita harus mengerjakannya.

Keuntungannya adalah :

Mengerjakan PR = Lolos dari hukuman

Di Indonesia maupun di banyak negara lainnya, tidak mengerjakan PR berarti bersiaplah untuk menerima hukuman yang bervariasi, mulai dari dijemur di lapangan, berdiri di luar kelas, hingga harus lari keliling lapangan.

PR membantu nilai raport
Guru biasanya akan memberikan nilai atas PR kita. Sehingga mengerjakan PR berarti secara langsung meningkatkan nilai akademis kita.
Jika tidak mengerjakannya, berarti mendapatkan nilai 0 dan akan sangat merugikan nilai raport nantinya

Meningkatkan kesiapan menghadapi dunia kerja
Tujuan dari pendidikan salah satunya adalah mempersiapkan mental, pola pikir, dan disiplin yang sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja. Dalam dunia kerja ada 2 hal yang tidak akan lepas yaitu tanggung jawab dan deadline. Tanpa adanya PR maka 2 hal penting itu akan sangat sulit untuk diajarkan pada seorang siswa.

Oleh sebab itu, sebagai orang yang ingin memiliki kemampuan bertanggung jawab dan memenuhi deadline, mengerjakan Pekerjaan Rumah adalah sebuah keharusan.

Metode meningkatkan performa akademik
Data yang dihimpun berbagai organisasi pendidikan di seluruh dunia menemukan fakta bahwa jumlah PR dan waktu yang digunakan untuk mengerjakan PR berbanding lurus dengan performa siswa. Artinya, di negara dengan pendidikan menggunakan pekerjaan rumah yang “seabrek” ternyata menghasilkan siswa-siswa dengan tingkat performa dan kemampuan memahami pelajaran yang tinggi.

Sarana latihan dan belajar
Dengan mengerjakan PR ternyata kita :
– melatih manajemen waktu kita dengan lebih bijak
– melatih kita untuk secara mandiri mencari informasi dan solusi terhadap suatu masalah
– mengerjakan PR membantu kita lebih banyak belajar daripada yang dapat diajarkan di sekolah

Meningkatkan quality time bersama keluarga
Banyak pekerjaan rumah yang sangat sulit untuk dikerjakan seorang diri. Namun kiita tetap perlu mengerjakannya agar terjalin komunikasi terhadap orang tua tentang apa yang sedang kita pelajari di sekolah.

Mengerjakan PR menjadi pemacu saat malas belajar
Dengan mengerjakan PR otomatis kita akan dianggap sedang belajar oleh orang tua, sehingga tidak akan dimarahi oleh mereka.

Sahabat Primaindisoft dapat menambah lagi apa saja alasan dan manfaat mengerjakan “homework” tadi.
Semoga kita jadi semakin rajin belajar ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?