4 Tips Mengelola Waktu Sekolah dan Ekstrakurikuler dengan Tepat

Mengelola waktu untuk ekstrakurikuler dan kegiatan belajar tidak mudah, simak tips berikut ini, ya!

Begitu memasuki jenjang SMP, kamu akan menemui cukup banyak hal menarik di sekolah. Salah satu hal menarik itu adalah ekstrakurikuler. Kegiatan yang berada di luar jam sekolah ini ada banyak mulai dari yang berhubungan dengan olahraga sampai yang berhubungan dengan sains.

Nah, karena ekstrakurikuler ini memberikan banyak manfaat, banyak dari kamu ingin mengikuti beberapa atau bahkan semuanya. Kalau kamu termasuk yang suka melakukannya, berikut beberapa tips mengelola waktu dengan baik.

1. Pilih Ekstrakurikuler yang Tepat

Jenis ekstrakurikuler yang ada di sekolah ada banyak dan hampir semuanya menarik. Kalau kamu tergolong anak yang sulit sekali membagi waktu, ada baiknya untuk memilih yang tepat. Jangan asal mengikuti berbagai ekstrakurikuler tanpa memikirkan banyak hal termasuk konsistensi saat akan menjalankannya.

2. Pertimbangkan Faktor Kelelahan

Sebagian besar ekstrakurikuler dilakukan setelah sekolah. Kalau kamu melakukannya setiap hari tentu akan membuat tubuh jadi lelah. Apalagi kegiatan tambahan itu dilakukan dalam bentuk olahraga. Pertimbangkan kemampuan fisik kalau ingin memilih ekstrakurikuler.

Kalau ingin menjalani lebih dari satu, usahakan yang waktunya tidak berdekatan. Misal di awal minggu dan akhir minggu. Dengan begitu, kamu masih punya waktu untuk melakukan istirahat.

3. Pilih Ekstrakurikuler yang Memberikan Efek Besar

Pilih ekstrakurikuler yang memberikan efek besar pada diri sendiri dan tidak asal ikut kegiatan karena teman. Kalau bisa, ikutlah kegiatan untuk mengatasi rasa percaya diri yang rendah. Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat melakukan apa pun sesuai dengan kemampuan.

4. Lakukan Konsultasi dengan Guru

Lakukan konsultasi dengan guru kalau memang bingung mau mengikuti apa saja. Guru akan memberikan arahan jelas sehingga kamu tidak akan sampai salah memilih kegiatan. Umumnya beberapa guru akan menyarankan kamu ikut kegiatan sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Demikianlah beberapa tips mengelola waktu dengan baik antara kegiatan belajar-mengajar dan ekstrakurikuler. Kalau kamu ingin lebih mudah belajar dan tidak membuang waktu, coba gunakan Primaindisoft dalam belajar apa pun.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?