4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Aplikasi Android

Bagi kamu yang ingin belajar membuat aplikasi Android sendiri, simak hal-hal penting yang harus dipersiapkan berikut ini!

Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada telepon pintar. Dengan 2,5 miliar pengguna aktif, aplikasi pelengkap pun terus bermunculan untuk memudahkan para penggunanya. Mulai dari games, aplikasi ojek online, aplikasi e-book dan lain sebagainya. Tidak heran jika perusahaan maupun individu pun berlomba-lomba membuat aplikasi Android sendiri.

Jika kamu ingin membuat aplikasi Android, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yakni:

  1. Tentukan tujuan pembuatan aplikasi

Agar kamu tahu langkah demi langkah yang harus ditempuh untuk membuat aplikasi, hal yang paling awal harus dipikirkan adalah tujuan pembuatan aplikasi. Apakah yang kamu buat adalah aplikasi hiburan (misalnya games atau komik online), aplikasi online shop atau aplikasi untuk berbagi materi pelajaran dengan teman-teman sekelasmu.

  • Buat desain yang jelas

Langkah selanjutnya adalah membuat desain. Gambarkan dengan baik apa saja yang akan kamu masukkan ke dalam aplikasimu. Mulai dari fungsi menu dan bagaimana aplikasi itu bisa bekerja sesuai dengan tujuan awal pembuatannya. Usahakan desain yang kamu rancang mudah dipahami dan digunakan oleh user.

  • Ukuran aplikasi

Hal yang tidak boleh kamu abaikan saat membuat sebuah aplikasi Android adalah ukuran akhir dari aplikasi itu sendiri. Masing-masing pengguna memiliki jenis ponsel dengan kemampuan yang berbeda-beda. Semakin besar ukuran aplikasimu, biasanya akan semakin tidak responsif saat dijalankan. Terutama pada ponsel yang memiliki spesifikasi rendah. Buatlah aplikasi yang efisien dan bisa digunakan oleh semua orang.

  • Memilih tools yang tepat

dalam proses pembuatan aplikasi Android, ada 2 jenis tools atau alat yang biasa digunakan oleh programmer yakni Android Studio atau Eclipse. Android Studio merupakan tools resmi yang disediakan oleh Android untuk pengembangan aplikasi. Untuk penggunaan, Eclipse diakui jauh lebih efisien. Kamu bisa memilih tools mana yang dianggap lebih mudah.

Itulah 4 hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat aplikasi Android. Kamu bisa mendapatkan beragam informasi lain seputar teknologi termasuk tips-tips IT hanya di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?