Mengapa Kita Harus Menghargai Jasa Pahlawan?

Beberapa waktu lalu, sejumlah warga membagikan topeng berwajah pahlawan nasional di area Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Tujuan acara tersebut untuk membuktikan bahwa masih ada warga negara Indonesia yang mencintai Pancasila, tidak menyukai perpecahan, dan menghargai perjuangan para pahlawan.

Nah, mengapa kita harus menghargai jasa Pahlawan?

  1. Bertaruh nyawa untuk kemerdekaan Indonesia.

Alasan pertama mengapa kita harus menghargai jasa pahlawan karena mereka yang sudah berjuang untuk kemerdekaan indonesia juga rela mengorbankan nyawanya untuk membela tanah air Indonesia.

  1. Memerdekakan rakyat dari penjajah.

Sebelum merdeka, rakyat Indonesia telah sengsara karena ulah para penjajah. Mereka dijadikan budak, harus membayar upeti berupa beras dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan gagah berani para pahlawan melawan penjajah, supaya rakyat bisa hidup damai, tentram dan dapat menikmati hasil alam Indonesia.

  1. Jasa-jasanya yang begitu besar.

Kita semua pasti telah mengetahui cerita sejarah tentang hari kemerdekaan Indonesia? Mereka para pahlawan harus berjuang keras untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Pejuang harus merebut Indonesia dari tangan penjajah. Semua itu mereka lakukan hanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Itulah beberapa alasan mengapa kita perlu menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan indonesia untuk kita semua. Dan sekarang bagaimana sih caranya kita menghargai jasa para pahlawan?

  1. Menjalankan Pancasila, peraturan perundang-undangan yang berlaku, aturan agama, serta budaya dalam masyarakat dengan baik dan benar.
  2. Saling menghormati dan menghargai sesama anggota masyarakat dengan menerapkan musyawarah mufakat, gotong royong, toleransi, dan lain sebagainya.
  3. Rela berkorban dalam bela negara ketika kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia diinjak-injak bangsa asing.
  4. Memupuk semangat untuk maju dan menyetarakan diri dari bangsa-bangsa yang telah maju dengan cara-cara yang baik demi terciptanya tujuan nasional seperti kesejahteraan rakyat dan terciptanya kedamaian di dunia.
  5. Serius dalam melaksanakan peringatan kemerdekaan dan juga dalam mengikuti mengheningkan cipta untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Tak lupa berikan doa kepada para pahlawan agar Tuhan Yang Maha Esa menerima mereka di sisiNya.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah merupakan suatu kewajiban untuk meneruskan perjuangan itu. Tentu saja bentuk perjuangan itu harus disesuaikan dengan keadaan zaman dan kemampuan kita masing-masing. Yang jelas, kita berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang berguna. Jangan lupa untuk menguji pengetahuan kalian dengan Game Memori Pahlawan Kemerdekaan hanya di Primaindisoft.com!

Post Author: blog_primaindisoft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *