Kenapa Pendidikan Karakter Perlu Disampaikan dengan Cara yang Menyenangkan?

Pendidikan karakter siswa terbukti lebih mudah bila disampaikan dengan cara menarik dan menyenangkan.

Dalam tataran teori, pendidikan karakter siswa dianggap sangat menjanjikan untuk menjawab berbagai masalah pendidikan di Indonesia. Setidaknya terdapat 18 nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.  Sejak tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikan.

Ini yang Mendasari Pentingnya Pendidikan Karakter Siswa.

  • Setelah maraknya Emotional Intelligence, kita menjadi paham bahwa ternyata nilai akademik yang tinggi tidak menjamin sukses hidup seseorang. Padahal banyak sekolah berlomba mencapai prestasi akademik bagi siswanya, tetapi melupakan untuk membangun karakter.
  • Adalah Daniel Goleman yang berpendapat bahwa kecerdasan intelektual (IQ) hanya mampu menyumbang 20% terhadap sukses hidup seseorang, sisanya 80% terletak pada kecerdasan emosional (EQ).
  • Oleh karenanya, pendidikan karakter pun jelas sangat penting diajarkan bagi para siswa semenjak dini. Meskipun  dalam praktiknya hal ini masih sulit untuk diterapkan. Oleh karenanya, pendidikan karakter mulai dibuat semenarik mungkin agar tercapai tujuannya.

3  Alasan Pendidikan Karakter Siswa dibuat dengan Cara Menyenangkan

Saat ini para guru pun mulai banyak mempraktikan pendidikan karakter siswa dengan cara yang lebih menyenangkan. Berikut ini 3 alasannya.

  1. Pendidikan karakter siswa lebih mudah bila disampaikan secara kreatif melalui cara menarik seperti menyanyi,  memperdengarkan cerita, membuat cerita, menggambar cerita,  membuat komik,  dan bermain peran.
  2. Sementara pendidikan karakter melalui media e-comic dianggap mampu merangsang motivasi siswa. Dalam sebuah angket di semarang, murid Sekolah Dasar menunjukkan antusiasme dalam mengikuti proses pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan e-comic baik secara offline versi cetak maupun online.
  3. Saat ini telah banyak materi pembelajaran karakter melalui e-comic secara online, oleh karenanya sangat memudahkan pendidikan karakter siswa ini. Seri e-comic dengan tema yang mendukung misalnya kepedulian sosial dan komunikatif, disiplin dan tanggung jawab, dapat diunduh di situs primaindisoft.com.

Nah, itulah ke-3 alasan mengapa pendidikan karakter siswa harus dibuat melalui media dan cara yang lebih menyenangkan dan menarik. Jika Anda sebagai pengajar ingin memberikan pendidikan melalui e-comic pendidikan karakter siswa, silakan kunjungi dan mendaftar di situs ini: https://member.primaindisoft.com/komik-seri-komik-pendidikan-karakter.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?