Aktivitas Seru di Gadget untuk Mengasah Otak Kiri dan Kanan Si kecil

Ayah Bunda, seperti yang kita tahu, otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan kanan. Keduanya memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai aktivitas. Penggunaan otak kiri dan kanan sangat penting dilatih sejak mereka berada di usia emas, yaitu menginjak 5 tahun. Sebab menurut para ahli, proses perkembangan otak anak, 90% terjadi pada 5 tahun pertama hidupnya.

Otak Kiri

Otak kiri biasanya bagian otak yang mengatur Intelligence Quotation (IQ), yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan belajar anak. Otak kiri berfungsi mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan logika, kemampuan menulis, membaca, memecahkan masalah, berpikir, menghitung, dan kemampuan berbicara.

Otak Kanan

Otak kanan berfungsi dalam pengendalian emosi atau Emotional Quotation (EQ). Bagian otak inilah yang biasanya dihubungkan dengan kemampuan pengendalian emosi dan sosialisasi, berkomunikasi, serta berinteraksi dengan orang lain. Tidak hanya itu, otak kanan juga dipakai saat anak sedang berimajinasi, melakukan aktivitas seni, mendengarkan musik, dan kegiatan seni lainnya.

Nah, cara yang paling mudah untuk mengasah kemampuan otak kiri dan kanan si kecil adalah mengajak mereka untuk melakukan aktivitas seru berupa permainan di gadget. Sesuai dengan zamannya, hampir kebanyakan anak-anak sudah akrab mengoperasikan gadget. Hanya saja, perlu diarahkan agar penggunaannya menjadi lebih positif serta bisa bermanfaat melatih kecerdasan mereka.

Ada beberapa jenis permainan di gadget yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan kanan si kecil. Misalnya adalah sebagai berikut :

  1. Puzzle

Lewat permainan ini, anak diajak untuk belajar memecahkan masalah dan melatih visual mereka dalam menempatkan sebuah potongan gambar ke tempat yang sesuai dan tepat.

  1. Mengingat

Permainan yang melatih ingatan juga bagus mengasah otak kiri dan kanan si kecil. Mereka akan berusaha menggunakan kemampuan berpikir mereka untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam permainan.

  1. Mewarnai dan Menyempurnakan Gambar

Belajar mengenal dan menempatkan warna yang tepat pada gambar bisa membantu daya visual anak. Begitu juga dalam aktivitas menyempurnakan gambar, kemampuan imajinasi mereka akan lebih berkembang.

Tidak hanya 3 jenis permainan di atas, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda ajarkan pada si kecil. Seperti belajar menghitung, mencari perbedaan, mengelompokkan gambar, menghubungkan titik, dan permainanan lainnya.

Semua permainan edukatif tersebut dapat Ayah Bunda temukan di Primaindisoft. Primaindisoft menyediakan materi belajar lengkap untuk TK A dan TK B.  Yuk, bantu si kecil mengasah otak kiri dan kanan mereka.

Komentar