Tips Lulus Ujian Nasional Tahun 2018

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menghadapi Ujian Nasional 2018 :

Manajemen Waktu dan Strategi Belajar

Dalam menghadapi Ujian Nasional dan USBN diperlukan kedisiplinan waktu dalam belajar. Sebaiknya kamu membuat dan mengatur jadwal belajar serta harus konsisten menjalankannya. Analisa kapan waktu yang baik untuk kamu dapat fokus belajar, misalnya pagi, siang, atau malam hari. Hal ini dapat membantu kamu lebih mudah untuk menyerap pelajaran.

Untuk sistem belajar yang baik, kamu harus fokus.. terhadap mata pelajaran yang akan dipelajari. Usahakan fokus untuk mempelajari satu pembahasan materi pelajaran sampai kamu benar-benar memahaminya, dan sebaiknya jangan mempelajari banyak mata pelajaran dalam sehari karena cenderung tidak efektif dan membuat kamu mudah lupa apa yang telah dipelajari.

 

Pentingnya Metode Belajar Menjelang Ujian Nasional

  1. Pelajari Kisi-Kisi UN dan Perbanyak Latihan Soal

Kuasai materi pelajaran yang ada dalam kisi-kisi UN dan UASBN dan perbanyak latihan menjawab soal kisi-kisi ujian, karena dalam kisi-kisi UN dan UASBN terdapat materi pelajaran yang akan keluar pada Ujian Nasional, meski nantinya soal mungkin tidak sama persis.

Apabila kamu menggunakan gadget atau smartphone, kamu bisa belajar dengan menggunakan metode belajar e-learning. Ikuti latihan-latihan soal ujian yang tersedia secara online, salah satunya ALUN (Aplikasi Latihan Ujian Nasional) dari Primaindisoft.com untuk membuat belajarmu jadi mudah.

  1. Belajarlah dengan Sungguh-Sungguh dan Tulus, Tentukan Target Nilai yang Dicapai

Tahukah kamu, ketika kita tulus dalam belajar dan memiliki target, kita akan bersemangat dalam mencapai target tersebut dan tidak akan merasa terbebani atau menjadi stres dalam belajar, sesulit atau sebanyak apapun materi pelajaran yang kita pelajari.

Persiapan Menjelang Ujian Nasional

  1. Pentingnya Menjaga Kesehatan, Mengatur Pola Tidur dan Makanan

Jangan pernah mengabaikan hal-hal kecil dalam menghadapi Ujian Nasional, khususnya soal kesehatan. Meski kita berpikir sekarang kita sehat dan waktu ujian masih lama, hendaknya kita harus menjaga kesehatan tubuh mulai dari jauh hari.

  1. Pola Tidur dan Istirahat yang Cukup

Atur pola tidur, usahakan tidur yang cukup dan jangan belajar sampai larut malam. Tinggalkan kebiasaan tidur larut atau hal-hal lain pada malam hari yang tidak penting selama menjelang ujian, sehingga kita jadi terbiasa bangun pagi hari. Hindari juga kegiatan atau aktivitas yang tidak perlu selama menjelang ujian, agar kamu tetap fokus dan tidak stres.

  1. Sarapan dengan Makanan Bergizi

Menurut penelitian para ahli, orang yang bekerja dengan otak membutuhkan energi lebih banyak dibanding dengan orang yang bekerja dengan otot. Karena itu, supaya konsentrasi di pagi hari tetap terjaga, jangan sampai kamu lupa sarapan.

Perbanyak konsumsi makanan bergizi selama menjelang ujian sangatlah penting. Hindari makanan yang tidak sehat atau tidak bersih, yang dapat membuat kamu alergi atau sakit menjelang ujian berlangsung.

  1. Doa & Restu Orang Tua

Awali dan akhirilah segala sesuatu dengan doa. Mintalah doa restu orang tua agar ujian berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik.
Ingat! Jangan pernah meremehkan kekuatan doa atau restu dari orang tua, karena doa dan restu dari orang tua adalah salah kunci kesuksesanmu dalam menghadapi berbagai hal dalam hidup.

Nah, itulah tips dan hal-hal penting yang harus kamu perhatikan untuk dapat lulus Ujian Nasional 2018.

Jadi, persiapkan diri kamu mulai dari sekarang ya. Good luck J

 

Post Author: blog_primaindisoft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *