Skizofrenia dan Gangguan Jiwa Lainnya | Stop Sebut Mereka Gila

Tadi pagi ada berita di televisi tentang sebuah desa yang mayoritas penduduknya adalah orang dengan keterbelakangan mental. Saya jadi ingat dulu biasa menyebut orang dengan keterbelakangan mental ini sebagai orang gila. Tapi ternyata yang kita sebut orang gila itu ada banyak sekali jenisnya. Tidak semua orang dapat disebut gila.

Saya pernah lihat orang yang berbicara sendiri, sayapun dulu menyebutnya sebagai orang gila. Saya pernah lihat orang yang memakan sampah di tempat sampah, sayapun menyebutnya sebagai orang gila. Saya juga pernah lihat orang yang tiba tiba berteriak-teriak dan menyebutnya sebagai orang gila. Tapi ternyata tindakan-tindakan aneh yang mereka lakukan tidak dapat digunakan untuk menghakimi mereka sebagai gila.

Ada banyak tindakan yang secara awam disebut sebagai gila, namun menurut pandangan medis disebut keterbelakangan mental yang jenisnya pun bermacam-macam. Apa saja jenis-jenis keterbelakangan mental yang sering dipersepsikan sebagai gila oleh orang awam ?
Primaindisoft sudah merangkumnya dalam artikel kali ini.

Gangguang Jiwa Berat (Skizofrenia)
Adalah sebuah penyakit yang tidak diketahui secara jelas apa penyebabnya namun diyakini karena adanya gangguan secara kimiawi pada otak penderitanya. Penyakit ini menyebabkan seseorang seperti mendapatkan penglihatan atau halusinasi. Orang yang menderita penyakit ini sering merasakan hal-hal seperti diikuti makhluk halus, dibisiki oleh makhluk ghaib, mendapatkan wahyu, ataupun mendapatkan halusinasi perintah untuk melakukan hal-hal absurd seperti membunuh dan vandalisme.

Orang yang menderita skizofrenia tidak harus menjadi seperti orang dengan keterbelakangan mental parah yang sering kita jumpai berkeliaran seperti seorang gelandangan dan pengemis. Banyak penderita skizofrenia yang mempunyai hidup normal, menjadi seorang ilmuwan, ataupun politisi.

Bipolar Disorder
Adalah sebuah penyakit yang dialami otak dan mempengaruhi suasana hati penderitanya secara ekstrim/ tiba-tiba. Orang dengan bipolar disorder cenderung disebut tidak konsisten karena sering berubah dari yang sebelumnya tenang namun secara sekejap berteriak histeris dan panik.

Berbeda dengan skizofrenia di mana seseorang seperti mendapat penglihatan/wahyu/perintah sehingga kesulitan mengetahui mana yang nyata mana yang halusinasi,
pada bipolar disorder seseorang cenderung tertekan pada perasaannya. Dari yang semula merasa marah karna kehilangan sesuatu, penderita tiba-tiba akan merasa panik dan ketakutan lalu bereriak-teriak seolah meminta pertolongan.

Obsesif Compulsif Disorder (OCD)
Adalah sebuah penyakit mental kecemasan berlebihan sehingga sering kali diliputi dengan rasa lupa, ragu, tidak percaya, dan tindakan-tindakan yang berlebihan.
Pada dasarnya semua manusia memiliki OCD di dalam perilakunya, namun tingkat keekstrimannya berbeda-beda. Seseorang yang setiap kali meninggalkan rumah begitu cemasnya apakah sudah mematikan kompor, televisi, keran air dan lainnya tergolong sebagai seorang penderita OCD dalam taraf ringan.

Contoh OCD lainnya adalah ketika seseorang selalu tergila-gila akan kebersihan sehingga cemas saat orang lain bersalaman dengannya. OCD ini menyebabkan seseorang selalu membawa dan memakai hand sanitizer dalam setiap aktivitasnya.

Dalam kasus yang berbahaya, OCD dapat menyebabkan orang merasa cemas bahwa orang lain akan membahayakan seseorang. Misalnya, jika ada orang membawa golok maka penderita OCD akan merasa ada orang yang hendak melakukan kejahatan. Orang dengan kasus OCD berat seperti ini akan sangat panik sehingga melakukan aksi ekstrim seperti tiba-tiba berkelahi dengan setiap orang yang membawa golok.

Ciri umum dari penderita OCD adalah melakukan hal yang berulang-ulang. Semisal cemas setiap kali meninggalkan rumah, mencuci tangan setiap kali bersalaman, ataupun membenturkan kepala setiap kali merasa melakukan kesalahan.

Skizoafektif
Adalah gabungan antara skizofrenia dengan bipolar disorder sehingga penderita tidak hanya berhalusinasi, namun juga suasana hatinya berubah secara tiba-tiba dan mengakibatkan tindakan yang berlebihan. Pada penderita Skizoafektif, seseorang berhalusinasi kemudian merasa mendengarkan bisikan ghaib lalu suasana hatinyapun berubah drastis menjadi panik sehingga merasa bahwa bisikan itu harus segera dilaksanakan.

Skizoafektif sangatlah berbahaya karena ketika halusinasi mengatakan A, suasana hati akan berlebihan menanggapinya sehingga pikiran rasional untuk memilih untuk melakukan “bisikan” tersebut atau tidak, tidak dapat dipikirkan dengan baik.

Banyak penderita skizoafektif yang membunuh ataupun bunuh diri karena tidak sadar dengan apa yang dilakukannya, sehingga orang dengan skizoafektif harus mendapat perawatan dan perhatian yang ekstra.

Lalu termasuk yang manakah orang yang sering terlihat memakan sampah ?
Kita tidak bisa menghakimi orang-orang seperti itu dengan sebutan gangguan jiwa karena bisa saja mereka memakan sampah sebab tidak memiliki makanan. Namun memang ada beberapa orang yang memakan sampah karena memiliki kelainan jiwa. Kelainan jiwa mereka termasuk ke dalam skizofrenia simplex di mana mereka memiliki khayalan bahwa sampah tersebut adalah sesuatu yang baik untuk dimakan.

Bagaimana menangani masalah-masalah kejiwaan tadi ?
Penanganan masalah kejiwaan harus dilakukan dengan segera dan manusiawi seperti tidak memasung penderita kejiwaan, dan tidak memukuli mereka. Yang diperlukan penderita adalah pengertian, kasih sayang, dan terapi baik terapi secara psikologi maupun terapi kimiawi (obat-obatan) untuk menekan fungsi otak ke cara kerja yang seharusnya.

Itulah beberapa gangguan mental yang sering kita sebut dengan sakit jiwa gila. Sebenarnya masih banyak gangguan kejiwaan lainnya seperti anorexia (memuntahkan makanan yang baru dimakan), kepribadian ganda, maupun sosiopat. Namun dalam masyarakat kita dan orang awam pada umumnya, sebutan gila biasa diberikan kepada penderita skizoprenia, OCD ekstrim, bipolar disorder, dan skizoafektif.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?