Mengenal Lipogram, Apa Itu Lipogram ?

Pasti banyak yang belum tahu apa itu “Lipogram”. Tidak ada hubungannya dengan kilogram, telegram, dan lemak lohh (lipo=lemak). lipogram berasal dari bahasa Yunani kuno, lipagrammatos yang artinya hilang aksara

Jadi apa itu lipogram ? Lipogram adalah gaya mengarang tanpa ada huruf tertentu di dalam karya tulisnya. Biasanya dengan menghindarkan huruf hidup seperti a,i,u,e,o.

Contoh Lipogram yang paling terkenal adalah the quick brown fox jump over the lazy brown dog. Di sana sama sekali tidak ada huruf S nya loh.

Gaya menulis lipogram ini unik karna tingkat kesulitannya sangat tinggi karna selain harus membuat karya tulis yang indah dan enak dibaca, juga harus tidak menggunakan huruf tertentu.

Contoh novel dengan lipogram yang sangat terkenal adalah novel berjudul ’Gadsby’ yang tidak memakai huruf ’e’ dalam tulisannya :

Upon this basis I am going to show you how a bunch of bright young folks did find a champion; a man with boys and girls of his own; a man of so dominating and happy individuality that Youth is drawn to him as is a fly to a sugar bowl. It is a story about a small town. It is not a gossipy yarn; nor is it a dry, monotonous account, full of such customary ‘fill-ins’ as ‘romantic moonlight casting murky shadows down a long, winding country road.’ Nor will it say anything about tinklings lulling distant folds; robins caroling at twilight, nor any ‘warm glow of lamplight’ from a cabin window. No. It is an account of up-and-doing activity; a vivid portrayal of Youth as it is today; and a practical discarding of that worn-out notion that ‘a child don’t know anything.

Jika diterjemahkan :

Atas dasar inilah saya akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana sekumpulan anak muda yang cemerlang menemukan jawara, tokoh yang begitu memikat sehingga membuat pemuda-pemuda itu tertarik bak seekor lalat pada secawan gula. Ini adalah hikayat tentang dusun kecil. Ini bukan kisah kasak-kusuk atau kisah berbunga-bunga mengenai kemesraan di bawah sinar bulan purnama. Tak juga ia berkisah tentang dongeng, burung bulbul yang berkeciap di senjahari atau pendaran lampu di balik jendela. Bukan. Dia bertutur tentang kegiatan sehari-hari yang merupakan gambaran pemuda masa kini, suatu pengingkaran pendapat yang berkata bahwa anak muda tidak tahu apa pun soal kehidupan.

Novel Gadsby karangan Ernest Wright bercerita tentang keinginan memperbaiki keadaan dengan menghancurkan sebuah kota fiktif bernama Branton Hills. Dikisahkan, John Gadsby, tokoh utama dalam cerita, membentuk sebuah komplotan kriminal, dan bersama komplotannya melakukan serangkaian tindakan destruktif terhadap kota Branton Hills.

Novel itu menggunakan sekitar 50.000 kata. Tapi, meski tidak ada huruf E di dalam Novel itu (kecuali di bagian nama pengarang), novel Gadsby tetap enak dibaca dan dipuji sebagai salah satu masterpiece dibidang sastra.

Penulis yang menggunakan teknik lipogram biasanya sengaja memilih huruf hidup (vowel) seperti huruf ’a’, ’e’, dan “i” karena membuat karya sastra tanpa huruf “a”, “e”, dan “i” tingkat kesulitannya yang paling tinggi.

Menghindari huruf ’z’,’q’, atau ’x’ tidak begitu dihargai karena tingkat kesulitannya sangatlah rendah.

Pada tahun 1969 Georges Perec menerjemahkan novel La Disparition dari Bahasa Perancis ke Bahasa Inggris dengan berpantang memakai huruf ’e’ sama sekali. La Disparition sendiri diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi A Void.

Hal unik terjadi pada 7 Maret 2016 kemarin karena google doodle tidak menampilkan huruf E.

google doodle | lipogram
Hal unik ini terjadi ternyata karena 7 Maret adalah tanggal kelahiran Georges Perec.

Apakah lipogram juga pernah dilakukan oleh pengarang Indonesia?
Jawabannya tentu ada, seperti kisah timun mas di bawah ini :

Pada suatu hari, Timun Mas, gadis yang usianya sudah akil balig, dilanda galau dan panik yang luar biasa.
Ia dijadikan sasaran dua raksasa durjana yang saling pukul, saling jambak, dan saling gigit.
Motivasi utama adalah darah dan daging Timun Mas yang dianggap sangat nikmat bagi para iblis itu.
Untungnya, Timun Mas punya jarum, garam, dan cuka. Tiga barang itu didapatnya dari ibu angkatnya.

“Dia milikku, Dursaaaaaa!!!!”, kata raksasa yang badannya hijau itu.

“Tidaaaaaaaaaaak Duryuuu!! Dia punyaku!!

Aku yang harus minum darah dan makan dagingnya yang ranum…!! Hahahahaa!!”, sahut raksasa yang badannya hitam.

Dua raksasa itu saling pukul lagi, lagi, dan lagi.
Darah tampak di mana-mana. Di baju, dada, kaki, tanah, dan sungai.

Bau amis dapat dirasakan sangat tajam. Mual lambung Timun Mas jadinya.

“Aku harus lari bagaikan angin.. Kalau tak ingin dimakan para raksasa itu..”, kata Timun Mas dalam hatinya.

Tiba-tiba, hutan bambu yang tajam tumbuh dari dalam tanah, muncul akibat jarum yang dijatuhkan Timun Mas di atas tanah.

Para durjana itu sontak takjub dan bingung. Tanah kosong dan rumput hijau tiba-tiba saja ditumbuhi bambu yang sangat tajam.

Timun Mas lari. Tubuhnya yang ringan dilambungkan angin. Dursa dan Duryu hanya bisa marah dari jauh, dari balik pohon bambu yang makin rimbun.

Matahari mulai tinggi. Kawanan burung tampak di balik awan. Awan putih ditiup angin yang kuat.

Tubuh Timun Mas tampaknya tak kuat lagi untuk lari bagaikan kilat.

Disandarkan tubuhnya pada pohon yang rindang tak jauh darinya.
Cukup lama ia duduk agar nafasnya normal, yang tadi nyaris putus itu.

Tiba-tiba Dursa dan Duryu tampak tak jauh lagi darinya.
Rupanya para makhluk jahat itu sanggup lalui rintangan bambu tajam.
Luka-luka dan darah tampak di sana-sini.
Dua barang ajaib yang ada pada Timun Mas langsung dibuang tak jauh dari para raksasa itu.
Lautan dahsyat yang rasanya asam dan asin, muncul dari dalam tanah.
Timun Mas lari, walau badannya nyaris tak kuat lagi.

Para raksasa itu, Dursa dan Duryu, masuk dalam pusaran air yang ganas.
Timun Mas panjatkan syukur pada Ilahi, lolos dari ancaman maut.

Selain lipogram, ada juga yang namanya pangrammatic lipogram. Pangrammatic lipogram adalah gaya bahasa lipogram (menghindari salah satu huruf) namun memasukkan seluruh huruf lainnya ke dalam tulisan pendeknya. Contoh pangrammatic lipogram tentu saja kalimat yang sangat populer : The quick brown fox jumped over the lazy dog.

Sekarang sudah tahu tentang lipogram kan ? Berminat mencoba membuat karya sastra yang indah dengan teknik lipogram ?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?