Manfaat Membaca Buku

Pada tanggal 17 Mei kita memperingati Hari Buku Nasional. Hari tersebut juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Penetapan Hari Buku Nasional diharapkan mampu memacu minat baca masyarakat Indonesia. Rajin membaca dapat membuat orang kaya akan wawasan dan informasi. Setidaknya ada beberapa manfaat membaca untuk kesehatan yaitu :

  1. Melatih otak.

Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

  1. Meringankan Stres.

Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stres.

  1. Mengembangkan pola tidur yang sehat.

Bila kamu terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu kamu mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

  1. Meningkatkan konsentrasi.

Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata ada juga loh manfaat membaca untuk meningkatkan kemampuan otak. Apa saja manfaatnya?

  1. Menjaga Keremajaan Otak.

Sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center mengungkapkan, bahwa ‘membenamkan’ diri di dalam buku-buku yang bagus dan berkualitas benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran kamu.

Ditegaskan pula bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 % lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Yang artinya bahwa mereka lebih rendah kemungkinannya mengalami pikun.

  1. Memberikan Kekuatan Bagi Memori.

Kebiasaan kamu membaca buku, dapat memacu otak kamu berpikir dan berkosentrasi. Membaca buku memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak kamu bila dibandingkan saat kamu menonton TV atau mendengarkan radio.

Karena pada saat membaca buku, memahami halaman per halamannya, akan mampu meningkatkan kemampuan otak lainnya. Seperti kemampuan berimajinasi, kemampuan bahasa dan pembelajaran asosiatif secara bersamaan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Analisa Kamu.

Bagi Kamu yang menyukai buku-buku fiksi dan sering membacanya, mungkin pernah mengalami seperti ini. Di saat Kamu membacanya, saat Kamu mengikuti alur cerita dalam buku tersebut, Kamu mulai menebak-nebak akhir ceritanya atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakkan Kamu tepat, maka kemampuan analisa otak Kamu telah benar-benar terasah.

Tidak hanya itu, saat Kamu membaca novel fiksi, Kamu secara tidak sadar sudah merangsang otak Kamu untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot atau alur certia di dalam novel yang Kamu baca.

  1. Memberikan Kamu Tambahan Kosakata Baru.

Orang-orang yang pkamui berbicara dan memiliki banyak sekali kosakata yang dikeluarkan saat berbicara adalah orang-orang yang gemar membaca. Dengan rutin membaca buku, perlahan tapi pasti kosakata yang kita milikipun akan bertambah. Karena di dalam buku yang kita baca, buku apapun, selalu mengandung kosakata yang luas. Apalagi jika buku yang kita baca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya.

Berapa banyak waktu yang seharusnya kamu habiskan jika kamu sedang membaca buku? Kita harus membuat proses membaca menjadi efektif kan?  Bagaimana cara untuk membaca sesingkat mungkin dengan pemahaman yang sedalam mungkin. Jika kamu ingin membaca lebih banyak namun bisa tetap meluangkan banyak waktu untuk bersenang-senang, mungkin tips di bawah ini akan sangat membantu kamu.

  1. POSISI MEMBACA

Jika kamu ingin waktu membaca kamu efektif dan memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap bacaan, jangan pernah membaca sambil berbaring! (kecuali jika kamu sekedar ingin membaca novel atau komik untuk hiburan).

Ambillah sikap yang tepat agar semua isi bacaan bisa masuk sempurna dan bertahan lama dalam ingatan kamu.

duduklah di kursi dengan buku yang diletakkan di meja. Atur jarak mata kamu dengan buku. Idealnya adalah 25-30 cm.

  1. TUJUAN MEMBACA

Membaca tanpa tujuan seperti pengembara tanpa arah. Begitu penting membuat tujuan yang jelas dalam membaca karena ia akan membuat hasil membaca Kamu maksimal.

Tujuan membaca akan mempermudah otak Kamu fokus pada hasil yang ingin Kamu dapatkan. Ketika kita mencanangkan tujuan membaca buku sejarah agar hafal nama tokohnya,otak kita akan menangkapnya sebagai perintah untuk berhenti dan memperhatikan tiap nama seorang tokoh muncul. Lain lagi ketika kita membaca buku sejarah dengan niat untuk mengetahui kronologi atau urutan kejadiannya. Otak kita akan menangkap tujuan tersebut sebagai sinyal atau perintah untuk merekam kejadian dalam buku tersebut berdasarkan urutan waktunya.

Apa yang Kamu dapatkan dalam membaca sangat dipengaruhi oleh tujuan yang Kamu buat sebelum membaca.

Nah, pernahkah Kamu menyelesaikan satu buku namun merasa tidak mendapatkan apa-apa bahkan lupa isinya? Bisa jadi ini dikarenakan Kamu belum membuat tujuan yang jelas saat membacanya.

  1. GAMBARAN BESAR

Membaca tanpa gambaran seperti seperti penjelajah tanpa peta. Kamu akan lebih mudah mempelajari sesuatu jika Kamu sudah tau apa gambaran besarnya.

Sebelum Kamu memulai proses membaca, penting sekali untuk mengetahui gambaran besar dari buku yang sedang Kamu baca. Apa jenis bukunya? Apa yang dibahas dalam buku tersebut? Bagaimana susunan/struktur pembahasannya?

Gambaran besar dalam suatu bacaan dapat Kamu peroleh dengan membaca daftar isi atau synopsis buku tersebut.

  1. FOKUS DALAM MEMBACA

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, fokus dan konsentrasi memang sangat diperlukan dalam mengerjakan sesuatu. Banyak buku yang mengajarkan cara meningkatkan konsentrasi, misalnya dengan cara meditasi dan sebagainya. Tetapi, berdasarkan pengalaman, ada teknik sederhana yang dapat meningkatkan konsentrasi, terutama dalam belajar atau membaca buku. Rahasia konsentrasi terletak pada kemampuan untuk membangkitkan minat terhadap apa yang Kamu baca, pelajari, atau kerjakan. Kalau Kamu tertarik pada bacaan, pelajaran, apa sesuatu yang Kamu kerjakan, insya Allah Kamu akan dapat mengonsentrasikan perhatian Kamu pada apa yang Kamu baca, pelajari, atau kerjakan. Bacaan atau pelajaran itu akan mudah Kamu mengerti.

Nah, demikianlah beberapa manfaat dan tips membaca yang efektif. Semoga bermanfaat yah 🙂

Post Author: blog_primaindisoft

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *