Ini Alasan Mengapa Tidak Lulus Ujian SNMPTN

Mengapa Saya Tidak Lulus Ujian SNMPTN ?

Teman-teman yang berniat melanjukan kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri pasti mengidamkan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit seperti UI, ITB, dan UGM. Namun tidak semua orang berhasil lulus melalui jalur yang dianggap paling prestisius ini. Padahal sudah belajar dengan rajin, dan mengikuti simulasi soal-soal SNMPTN tetapi mengapa hasil SNMPTN masih tidak membawa masuk ke PTN yang menajadi incaran ?

Kegagalan adalah hal yang biasa, namun mengetahui mengapa bisa sampai gagal agar menjadi bahan perbaikan diri itu penting. Primaindisoft merangkumkan beberapa jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan dibaca ya :

1. Gagal Karena Salah Mengisi Data
Hal sepele tapi banyak terjadi adalah ketika mengisi nama dan nomor peserta tapi ternyata tidak dengan tepat mengisi data seperti nama, dan nomor peserta. Kesalahan ini ternyata sering terjadi loh.

2. Menembak Jawaban Secara Asal
Ini pun sering dilakukan peserta ujian ketika waktu sudah mepet. Dengan slogan “daripada ada soal yang tidak terjawab, lebih baik nembak jawaban”. Pemikiran tersebut tidak salah, namun seringkali tidak diterapkan dengan metode yang benar. Untuk metode yang benar dalam menembak jawaban, bisa membaca di link berikut : primaindisoft.com/blog/menembak-jawaban

3. Terlalu Terpaku pada Passing Grade
Kamu mungkin melihat bahwa nilai simulasi ujianmu sangat baik dan jauh di atas passing grade jurusan favorit di sebuah PTN favorit tahun lalu, namun kamu harus ingat jika yang memiliki passing grade sangat baik belum tentu hanya kamu. Dan yang paling penting adalah, tingkat passing grade setiap tahunnya tidaklah sama. Artinya, jika passing grade tahun lalu adalah 60, bisa jadi passing grade tahun ini mencapai angka 90. Semua tergantung seberapa banyak pesaing yang mengincar suatu jurusan di PTN favorit.

Jika diambil contoh, di tahun 2007 jurusan Teknik Informatika belumlah populer. Passing grade jurusan TI di UI hanyalah 50, tapi di tahun 2008 Teknik Informatika adalah jurusan yang sangat difavoritkan sehingga persaingan menjadi sangat tinggi dan passing grade naik menjadi 85.

4. Merasa Jawaban Ujian sudah Benar 100%
Dan yang terakhir dan paling sering terjadi menjadi alasan tidak diterima ke PTN favorit melalui jalur SNMPTN adalah : Soal yang dijawab dengan benar tidaklah cukup banyak.

Jadi apa yang harus dilakukan agar diterima masuk PTN ?

Jalur seperti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri memang bergengsi, namun bukan satu-satunya jalur masuk yang tersedia. Jangan putus asa karena masih banyak jalur-jalur lainnya. Dan yang paling harus diingat adalah kunci untuk lulus sebuah ujian :
– pantang menyerah
– rajin belajar
– gunakan metode belajar yang tepat.

Semoga sukses, dan selamat belajar.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?