Pluviophile dan Hal Menarik tentang Hujan yang Kamu Perlu Tahu

Hujan sangat identik dengan rindu dan kebijaksanaan, Rabindranath Tagore mengatakan “aku tak tahu mengapa, setiap kali aku melihat rintik hujan, aku selalu rindu masa kecilku” atau Charlie Caplin yang mengatakan “aku selalu suka berjalan saat hujan, karena tidak ada satupun orang yang melihatku menangis”. Hujan bukanlah sekedar turunnya butir-butir air dari langit menuju permukaan bumi, namun bagi banyak orang, hujan memiliki banyak makna dan pesan yang ingin disampaikan. Kali ini pembaca dapat menemukan beberapa istilah yang berhubungan dengan hujan seperti pluviophile, petrikor, ombrophobia dan lainnya.

 

Sekilas Tentang Hujan

Sebelum kita membahas mengenai beberapa istilah tentang hujan, ada baiknya kamu mengetahui apa itu hujan sebenarnya. Semua orang tahu bahwa hujan merupakan air yang turun dari langit, namun prosesnya tidak sesimpel itu. Pertama-tama sinar matahari menyinari bumi, lalu terjadi penguapan di lautan, setelah itu uap naik keatas permukaan hingga menjadi awan. Kemudian uap ini menjadi butiran air yang menyatu (koalensi), lalu pada kondisi tertentu akhirnya air terjatuh dari langit. Hujan adalah siklus alami kehidupan di bumi, tanpa hujan maka bumi akan kehilangan nyawanya. Oleh karena menurut teks-teks kitab suci, diwajibkan pada setiap orang untuk bersyukur saat hujan datang.

 

Petrikor
petrikor | bau tanah setelah hujan

Saat hujan turun, apakah kamu pernah mencium aroma yang khas yang hanya terjadi saat turun hujan? Nah itulah yang disebut petrikor, petrikor merupakan aroma khas saat rintik-rintik hujan mengenai tanah yang kering. Istilah ini dicetuskan oleh Isabel Joy Bear dan Roderick G. Thomas pada tahun 1964 yang menjelaskan tentang proses pembentukan aroma khas yang hanya terjadi saat hujan datang. Aroma khas tersebut berasal dari tumbuhan mikroba yang tumbuh pada permukaan tanah, dan tumbuhan tersebut menghasilkan minyak. Saat hujan turun, minyak tersebut terangkat ke udara bersama senyawa lain bernama geosmin. Inilah yang mengakibatkan kamu mencium aroma wangi yang khas saat turun hujan.

Pluviophile
belajar istilah | pluviophile

Saat musim hujan tiba, segala aktivitas menjadi banyak halangannya, mau kesini becek, mau kesana banjir, pokoknya serba ribet. Namun bagi kaum pluviophile, seribet apapun kondisi saat musim hujan, mereka akan tetap mencintai hujan. Iya betul sekali, pluviophile merupakan istilah dalam dunia psikologi yang berarti pecinta hujan. Jadi saat rintik-rintik air mengenai tanah, kaum pluviophile akan merasakan ketenangan, kedamaian, rindu yang mendalam, cinta dan hal-hal manis lainnya.

 

Ombrophobia
Ombrophobia | rasa takut dan cemas karena hujan

Berbeda dengan pluviophile, ombrophobia merupakan istilah dalam ilmu psikologi yang menjelaskan tentang ketakutan berlebihan saat hujan datang. Saat musim hujan tiba, kaum ombrophobia akan merasakan kecemasan yang sangat mendalam, terutama saat petir menyambar. Orang dengan phobia seperti ini bisa disembuhkan dengan terapi psikologis.

Pluviophobia
pluviophobia | takut akan hujan

Hampir sama dengan ombrophobia, pluviophobia merupakan istilah yang menjelaskan tentang ketakutan berlebihan terhadap hujan. Namun pluviophobia lebih spesifik pada air hujannya, jadi kaum pluviophobia sangat takut kehujanan, dan akan teriak-teriak saat kulitnya terkena air hujan.

 

Nah itulah beberapa istilah tentang hujan yang mungkin belum kamu ketahui. Pluviophile merupakan istilah yang menjelaskan rasa cinta berlebihan terhadap hujan dan ombrophobia merupakan kebalikannya. Sedangkan pluviophobia hampir sama dengan ombrophobia, namun lebih spesifik pada air hujannya. Nah pertanyaannya sekarang, kamu termasuk dalam kategori mana? Pluviophile kah? Ombrophobia kah? Atau mungkin pluviophobia? Suka dengan hujan atau sangat benci dengan hujan?

Selanjutnya, jika kalian ingin tahu bagaimana terjadinya hujan dan proses terjadinya hujan salju?

Kalian bisa pelajari di sini Bagaimana Terjadinya Hujan dan

Bagaimana sebenarnya Proses Terjadinya Hujan dan Salju

Lalu bagaimana iklim dan curah hujan di Indonesia ?

Yuk ketahui dan pelajari selengkapnya di sini Iklim dan Curah Hujan di Indonesia

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?