9 Fakta tentang Supermoon

Supermoon—bukan Superman atau Sailor Moon—adalah sebuah fenomena dimana Bulan terlihat lebih besar dari biasanya. Pada tanggal 14 November 2016, fenomena Supermoon ini kembali terjadi dan dapat diamati di seluruh dunia. Apa saja fakta-fakta di balik fenomena langka ini?

    1. Supermoon terjadi karena Bulan berada pada titik terdekat dalam lintasan orbitnya mengelilingi Bumi. Jarak terdekat ini adalah 356.509 km. Titik terdekat ini disebut juga ‘perigee’.

      perbedaan apogee dan perigee
      Bulan di titik perigee, maka terjadi supermoon, dan pada titik apogee maka terjadi minimoon. Sumber : NASA.gov
    2. Menurut Space.com, jarak terdekat ini akan terjadi pada tanggal Senin, 14 November 2016 pada pukul 20:52 WIB atau 21:52 WITA atau 22:52 WIT.
      .
    3. Bulan akan terlihat 7% lebih besar dari biasanya dan 15% lebih terang. Meskipun begitu, perbedaan ini tidak akan terlalu terlihat jelas dengan mata manusia. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan teleskop untuk mengamati fenomena ini.

      bulan pada apogee vs pada perigee
      minimoon (kiri, bulan ada di titik apogee), supermoon (kanan, bulan ada di titik perigee) sumber : Space.com
    4. Fenomena Supermoon tahun 2016 ini tidak hanya merupakan fenomena Bulan terdekat dan paling terang, namun juga yang terbesar sejak tahun 1948.
      .
    5. NASA menyatakan bahwa Supermoon berikutnya akan terjadi 18 tahun lagi atau pada tahun 2034.
      .
    6. Tidak ada yang tahu darimana istilah ‘Supermoon’ berasal karena sebenarnya fenomena ini sulit dibedakan dari fenomena ‘full moon’ atau bulan purnama yang terjadi setiap 27 hari.
      .
    7. Fenomena Supermoon tidak akan berpengaruh terhadap kehidupan manusia di Bumi. Fenomena ini tidak akan mengganggu pergerakan Bumi sama sekali, bertolak belakang dengan mitos bahwa jarak Bulan yang terlalu dekat akan menghancurkan Bumi.
      .
    8. Supermoon akan berdampak pada kenaikan tinggi pasang laut namun kenaikan ini sangat kecil sehingga tidak mungkin menyebabkan bencana.
      .
    9. Winter Supermoon adalah fenomena Bulan terbesar biasanya terjadi pada bulan Desember, saat belahan Bumi utara mengalami musim dingin. Hal ini terjadi karena Bumi berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari. Gravitasi Matahari yang besar juga ikut menarik Bulan semakin dekat dengan Bumi.

 

Jangan lewatkan fenomena langka ini. Berdoa saja semoga malam ini tidak mendung atau turun hujan ya…

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?