5 Fakta Gerhana Bulan Total 31 Januari yang Wajib Kamu Tahu!

Apa yang menjadikan Gerhana bulan total 31 Januari ini adalah peristiwa langka dan istimewa?

Yuk simak faktanya berikut ini!

1. Akan Ada 2 Gerhana Bulan dan 3 Gerhana Matahari yang Terjadi di Tahun 2018

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan bahwa akan terjadi dua kali gerhana bulan dan tiga gerhana matahari pada tahun 2018 ini. Jadi, gerhana bulan pada 31 Januari nanti bukan yang satu-satunya di sepanjang 2018.

Jadwal gerhana bulan tahun 2018 adalah pada tanggal 31 Januari dan selanjutnya diperkirakan akan terjadi pada 28 Juli. Sementara itu, gerhana matahari akan terjadi 15 Februari, 13 Juli, dan pada 11 Agustus.

Buka tautan berikut ini jika kamu ingin Belajar Simulasi Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Source Video : NASAJPL Edu

2. Gerhana Bulan yang Terjadi Pada Saat “SUPERMOON”

SUPERMOON ialah kondisi atau jarak terdekat bulan mencapai titik perigee, atau jarak terdekat dengan Bumi. Kondisi ini membuat bulan tampak lebih besar dilihat dari bumi. Berikut ini foto-foto SUPERMOON yang berhasil diabadikan!

 3. Terjadi saat “BLUEMOON”

Karena SUPERMOON pada 31 Januari adalah yang kedua kalinya terjadi pada bulan Januari 2018 ini, maka hal ini disebut sebagai fenomena BLUE MOON.

Nama BLUEMOON atau bulan biru sebenarnya adalah istilah untuk menyebut bulan purnama kedua dalam sebulan. Oleh karenanya, bulan tidak akan berwarna biru.  Fenomena ini memang jarang terjadi. Biasanya, fenomena bulan penuh biasanya hanya terjadi satu kali dalam sebulan.

4. BLOOD MOON

BLOOD MOON adalah sebutan ketika bulan tampak berwarna merah seperti darah. Saat gerhana bulan total, bulan tidak terpapar sinar matahari karena bulan berada di area bayangan umbra. Pada saat itu, cahaya biru menyaring atmosfer sehingga bulan terpapar cahaya merah dan membuat bulan tampak kemerahan.

 5. Gerhana “SUPER BLUE BLOOD MOON”

Gerhana Bulan Total (Total Lunar Eclipse) terakhir kali terjadi lebih dari satu setengah abad yang lampau.

“Peristiwa ini terakhir diamati pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu,” mengutip dari LAPAN.

Inilah mengapa Gerhana Bulan Total pada 31 Januari ini sangat istimewa. Ini merupakan fenomena langka perpaduan Gerhana Bulan Total yang terjadi pada saat yang bersamaan dengan SUPERMOON dan BLUEMOON. Oleh karena itu, fenomena ini disebut SUPER BLUE BLOOD MOON atau gerhana bulan biru kemerahan.

Bagaimana Jika Ingin Melihat Fenomena Langka Ini?

Buat kamu yang ingin nobar atau nonton bareng fenomena langka ini, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat berikut ini 😀

Ada dua tempat peneropongan yang mengadakan kegiatan peneropongan umum pada Rabu, 31 Januari 2018 untuk melihat gerhana bulan total langka ini, yaitu:

  1. Planetarium Jakarta, Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat
  2. Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jalan Dr. Djundjunan No.133 Bandung.

 

Selamat menyaksikan peristiwa langka ini ya 🙂

 

Source

 

 

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?