4 Fakta Menarik Yang Wajib Kamu Ketahui Dari Ibu Kartini!

21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang merupakan simbol kebangkitan kaum perempuan di Indonesia. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan Ibu bernama M. A. Ngasirah. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Berikut 4 fakta menarik yang wajib kamu ketahui dari Ibu Kartini.

 

1. Pelopor Pendidikan Perempuan
Kartini merupakan salah satu perempuan pencetus sekolah pertama untuk Indonesia. Pada tahun 1903, Kartini bersama adiknya, Roekmini, mendirikan sekolah wanita. Kartini mengatakan, pendidikan adalah jalan satu-satunya untuk mengubah pola pikir.

2.Menggemari Dunia Fotografi
Pakar sejarah modern Asia Tenggara Rudolf Mrázek dalam karyanya yang berjudul Engineers of Happy Land (2002)menceritakan kecintaan Kartini pada dunia fotografi. Kartini akan senang jika ayah atau salah satu dari tukangnya mengambil foto ketika sedang mengunjungi desa-desa bersama ayahnya.

3. Memakai Nama Samaran
Bagi Kartini, mengarang adalah sebuah hobby. Kartini sering menggunakan nama samaran dalam setiap karyanya. Ia akan segera marah jika nama samarannya terbongkar. “Benar-benar aku sebal, karena aku ingin tiada orang tahu kalau aku memainkan pena,” katanya.

 

4. Punya Bakat Melukis
Tidak banyak yang mengetahui kalau kartini memiliki bakat melukis. Bakat lukis Kartini menurun dari pendahulunya, orang-orang Jepara. Salah satu lukisannya antara lain sebuah lukisan kecil bergambar empat ekor angsa sedang berenang-renang damai di sebuah kolam.

 

Susi Susanti, Peraih Emas Olimpiade

Profil ini membahas kisah hidup dan perjalanan Susi Susanti, atlet bulutangkis putri yang berhasil meraih medali emas.

Selengkapnya

Butet Manurung, Sokola Rimba

Profil ini membahas kisah Butet Manurung yang berjasa meningkatkan pendidikan masyarakat Suku Anak Dalam di Jambi.

Selengkapnya

Martha Tilaar, Pengusaha Indonesia

Profil ini membahas kisah Ibu Martha Tilaar yang berhasil menjadi salah satu pengusaha perempuan yang sukses di Indonesia.

Selengkapnya

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?